Kebijakan Editorial

Fokus dan Ruang Lingkup

Teknologi Informasi, E-Government, Multimedia, Jaringan, Sistem Informasi, Sistem Pendukung Keputusan, Sistem Pakar, Big Data, Data Mining, Internet Of Things, Machine Learning

 

Kebijakan Bagian

Editor

Centang Naskah Terbuka Centang Diindeks Centang Telah di-Peer review
 

Proses Peer Review

Setiap artikel yang di kirim akan di periksa apakah sesuai dengan ruang lingkup dan template jurnal, setelah itu ditujukan kepada staf editorial akan dipilih melalui proses Tinjauan Awal oleh Dewan Editorial. Kemudian, artikel-artikel tersebut akan dikirim ke reviewer dan akan masuk ke seleksi berikutnya oleh Proses Pratinjau blind review. Setelah itu artikel akan diperiksa dari aspek teknis, metode, referensi ilmiah dan kesimpulan, artikel akan dikembalikan kepada penulis untuk disarankan revisi/perbaikan. Proses ini memakan waktu satu bulan bahkan bisa lebih untuk waktu maksimum pada setiap naskah

 

Frekuensi Penerbitan

Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, di terbitkan pada 7 bulanan dengan frekuensi 2 volume dalam setahun dimulai pada bulan Januari dan bulan Juli, pertama kali terbit pada Volume 1 Nomor 1 bulan Januari Tahun 2018

 

Kebijakan Akses Terbuka

Jurnal ini menyediakan akses terbuka yang pada prinsipnya membuat riset tersedia secara gratis untuk publik dan akan mensupport pertukaran pengetahuan global terbesar.

 

Pengarsipan

OJS Sistem LOCKSS mendistribusikan konten jurnal ke perpustakaan yang berpartisipasi melalui halaman LOCKSS selain itu Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, memilki pengarsipan terdistribusi terindeks pada Perpustakaan Indonesia One Search, Garuda, Neliti, Base, Dimension dan Lembaga Indeks lain

 

Publication Ethics

Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika adalah jurnal yang berfokus pada bidang Teknologi Informasi dan Informatika, pada Pernyataan ini menjelaskan perilaku etis dari semua pihak yang terlibat dalam tindakan penerbitan sebuah artikel dalam jurnal ini, termasuk penulis, pemimpin redaksi, Dewan Editorial, peer – review dan penerbit (LPPM Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate).

Pedoman Etis untuk Jurnal Publikasi
Publikasi sebuah artikel di Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika diperlukan suatu kesepakatan standar bagi semua pihak yang terlibat dalam kegiatan penerbitan: penulis, editor jurnal, mitra bestari, LPPM Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate sebagai penerbit Jurnal bertanggung jawab atas semua tahap penerbitan. Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa segala sesuatu tidak memiliki dampak atau kepentingan lain yang mempengaruhi atas keputusan editorial. Selain itu, LPPM Akademi Ilmu Komputer (AIKOM) Ternate dan Dewan Redaktur akan membantu dalam komunikasi dengan jurnal lain dan atau penerbit mana ini berguna dan diperlukan.

Keputusan Publikasi
Editor Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika bertanggung jawab untuk membuat keputusan dari artikel diserahkan ke jurnal dapat diterbitkan. Para editor dapat dipandu oleh kebijakan dewan redaksi jurnal dan dibatasi oleh ketentuan hukum, seperti berkaitan mengenai pencemaran nama baik, pelanggaran hak cipta dan plagiarisme. Para editor dapat berkomunikasi dengan editor lain atau reviewer dalam membuat keputusan ini.

Fair play
Editor setiap saat mengevaluasi naskah untuk konten intelektual mereka tanpa memandang ras, jenis kelamin, orientasi seksual, keyakinan agama, asal etnis, kewarganegaraan, atau filsafat politik penulis.

Kerahasiaan
Editor dan setiap staf editorial tidak boleh mengungkapkan 
informasi apapun tentang naskah yang diserahkan kepada orang lain selain penulis, reviewer, penasihat lain yang berada dalam dewan editorial, serta penerbit. Pengungkapan dan konflik kepentingan Naskah yang tidak dipublikasikan tidak boleh digunakan dalam penelitian editor sendiri tanpa persetujuan tertulis dari penulis.

Tugas Reviewer
Kontribusi terhadap Keputusan Editorial Peer review membantu editor dalam membuat keputusan editorial dan melalui komunikasi editorial dengan penulis juga dapat membantu penulis dalam meningkatkan kualitas naskah.

Kesiap sediaan
Setiap reviewer yang dipilih namun merasa tidak mampu untuk mereview dalam waktu yang telah ditentukan, harus memberitahukan editor dan mohon diri dari proses review. kerahasiaan Setiap naskah diterima untuk direview harus diperlakukan sebagai dokumen rahasia. Mereka tidak boleh ditampilkan atau didiskusikan dengan orang lain kecuali sebagaimana diizinkan oleh editor.

Standar Objektivitas
Ulasan harus dilakukan secara objektif. Kritik pribadi penulis yang tidak pantas, harus mengekspresikan pandangan mereka jelas dengan argumen yang mendukung.

Pengakuan Sumber
Reviewer harus mengidentifikasi publikasi yang relevan yang belum dikutip oleh penulis. Setiap pernyataan yang observasi, derivasi, atau argumen telah dilaporkan sebelumnya harus disertai dengan kutipan yang relevan. Pengulas juga harus menarik perhatian editor mengenai adanya kesamaan substansial atau tumpang tindih antara naskah yang sedang dipertimbangkan dan setiap makalah yang diterbitkan lain yang mereka memiliki pengetahuan pribadi. Pengungkapan dan Benturan Kepentingan Informasi rahasia atau ide-ide yang diperoleh melalui peer review harus dijaga kerahasiaannya dan tidak digunakan untuk keuntungan pribadi. Reviewer tidak harus mereview naskah di mana mereka memiliki konflik kepentingan akibat kompetitif, kolaboratif, atau lainnya hubungan atau koneksi dengan salah satu penulis, perusahaan, atau lembaga yang terhubung.

Tugas Penulis
Pelaporan Penulis harus menyajikan laporan yang akurat dari penelitan yang dilakukan. Naskah harus mengandung cukup rinci dan referensi untuk memungkinkan orang lain untuk mencontoh pekerjaan. Laporan penipuan atau sengaja tidak akurat merupakan perilaku yang tidak 
etis dan tidak dapat diterima.

Akses Data dan Retensi
Penulis diminta untuk memberikan data mentah sehubungan dengan pada naskah pada editorial, dan harus siap untuk member informasi kepada publik terhadap data tersebut, jika memungkinkan, dan harus dalam hal apapun bersiaplah untuk menyimpan data tersebut untuk waktu yang wajar setelah publikasi.

Orisinalitas dan Plagiarisme
Para penulis harus memastikan bahwa mereka telah menulis karya seluruhnya asli, dan jika penulis telah menggunakan karya atau kata-kata lain bahwa ini telah tepat dikutip atau dikutip .

Publikasi serentak
Seorang penulis tidak seharusnya menerbitkan naskah penelitian yang sama di lebih dari satu jurnal atau publikasi utama. Mengirimkan naskah yang sama untuk lebih dari satu jurnal bersamaan merupakan perilaku tidak etis penerbitan dan tidak dapat diterima.

Kontribusi pada naskah
Penulis naskah harus memberikan kontribusi signifikan terhadap konsepsi, desain, pelaksanaan, atau interpretasi penelitian yang dilaporkan. Semua orang yang telah membuat kontribusi yang signifikan harus terdaftar sebagai co - penulis. Apabila terdapat orang lain yang telah berpartisipasi dalam aspek-aspek substantif tertentu dari proyek penelitian, mereka harus diakui atau terdaftar sebagai kontributor. Penulis harus memastikan bahwa semua co - penulis mempunyai kontribusi yang sesuai dan bahwa semua co - penulis telah melihat dan menyetujui versi final dari naskah dan telah sepakat untuk pengajuan untuk publikasi. Semua penulis harus mengungkapkan dalam naskah mereka setiap konflik substantif keuangan atau kepentingan yang mungkin ditafsirkan untuk mempengaruhi hasil atau interpretasi naskah mereka. Semua sumber dukungan keuangan untuk proyek tersebut harus diungkapkan. Kesalahan mendasar dalam karya-karya yang diterbitkan Ketika seorang penulis menemukan kesalahan yang signifikan, itu adalah kewajiban penulis untuk segera memberitahu editor jurnal atau penerbit dan bekerja sama dengan editor untuk menarik kembali atau memperbaiki naskah tersebut

 

Tools Plagiarism

Setiap Artikel yang masuk belum pernah di publikasi oleh penerbit lain dan akan diperiksa dengan Aplikasi Plagiarismchecker dan GRAMMARLY

 

Author Fees

Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer dan Informatika tidak memungut biaya pendaftaran artikel (free submission fee) maupun penanganan/pemrosesan artikel (free handling charge). Apabila penulis ingin Mendapatkan Hardcopy dikenakan biaya penggantian cetak & pengesahan jurnal sebesar Rp. 250.000,-. untuk di luar kota menyesuaikan dengan Ongkir, Semua pembaca artikel pada jurnal ini dapat membaca dan mengunduh secara penuh seluruh artikel tanpa biaya.